Anak Penderita TBC Sangat Sulit Dideteksi

24 Des

Penyakit Tuberkulosis atau TBC atau TB masih merupakan penyakit menular yang cukup sulit untuk dibasmi perkembangan dan penularannya. Bahkan kini bakteri penyebab TBC dilaporkan telah kebal terhadap obat dan sudah menginfeksi sekiranya 32 ribu anak diseluruh dunia.

Anak Penderita TBC Sangat Sulit Dideteksi

Dalam sebagian kasus yang terjadi, Tuberkulosis pada anak bukan tidak diketahui karena kelalaian dari orangtua mereka ataupun karena mereka terlambat membawa dan memeriksakan buah hati mereka kedokter, namun lebih karena bakterinya yang sulit terdeteksi pada tubuh anak-anak.

Menurut Dr Ted Cohen, dari Harvard University menjelaskan bahwa “Meski bakteri TBC menyerang paru-paru, tidak selalu begitu keadaannya pada anak-anak. Kemungkinan besar bakteri TBC tersebut tidak bersarang di paru-paru, namun di bagian tubuh lain. Itu yang membuat TBC anak sulit dideteksi, terutama MDR-TB”.  Kemudian Helen Jenkins dari Brigham and Women;s Hospital Division of Global Health Equity juga berpendapat bahwa ada begitu banyak anak-anak yang telah menjadi korban dan meninggal karena penyakit TBC ini.

Maka dari itu, sebaiknya orangtua jika merasakan ada gejala aneh pada anak-anak yang mungkin saja gejala tersebut merupakan gejala dari TBC segera lakukan pemeriksaan agar dapat cepat ditangani.

Baca juga : Tanda-tanda Orang Yang Tertular Penyakit TB

Anak Penderita TBC Sangat Sulit Dideteksi |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.