Asal Mula Bakteri TBC

23 Mar

Penyakit TBC atau TB (Tuberkulosis), biasa menyerang paru-paru diduga telah menjangkiti manusia sejak 70.000 tahun yang lalu. Para ahli percaya jika penyebaran TBC juga berjalan seiring dengan jalur evolusi manusia.

Asal Mula Bakteri TBC
Salah satu ahli kesehatan yang berasal dari Swiss Tropical dan Public Heath Institute di Basel Swiss, Dr Sebastien Gagneux mengatakan jika “Jalur evolusi manusia dan bakteri TB menunjukkan kesamaan,” seperti yang dikutip dari laman Daily Mail, Senin, 2 September 2013, Gagneux meyakini bahwa TB bermigrasi dari Afrika menuju Asia dan Eropa, seperti halnya migrasi manusia.

Lebih lanjut lagi oleh Dr Sebastien Gagneux beserta timnya yang mengungkap jika mereka menganalisis 259 jenis TB dari seluruh dunia untuk menentukan silsilah genetik dari penyakit ini. Dalam penemuan mereka yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Nature Genetics terungkap bahwa penyakit TB bermigrasi dari Afrika setidaknya 70.000 tahun yang lalu.

Asal mula dari penyakit TB pada manusia diduga berasal dari binatang, yaitu sapi. Namun, Dr Sebastien Gagneux justru menunjukkan jika TBC berasal dari waktu di mana manusia belum mulai menjinakkan hewan. Jadi, mereka meyakini bakteri ini berasal dari manusia dan menulari manusia lainnya.

Bersamaan dengan penyebaran manusia, bakteri TBC pun kemudian menular dari satu orang ke orang lainnya, dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Bakteri akhirnya beradaptasi dan berevolusi hingga membentuk ratusan strain/jenis di seluruh dunia. Dari penelitian ini, Dr Sebastien Gagneux beserta tim berharap penelusuran TBC bisa membantu mereka untuk memprediksi pola infeksi dan juga berkontribusi untuk menemukan obat baru dan mengendalikan penularan.

Demikian artikel tentang Asal Mula Bakteri TBC, semoga bermanfaat dan salam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *