Batuk Tak Kunjung Sembuh, Indikasi TBC?

1 Des

Waspadai jika terjadi batuk dan flu terjadi pada anak kecil dan terlalu sering, atau batuk yang terjadi malah tidak kunjung sembuh. Hal ini bisa jadi batuk bukan hanya sekedar batuk tapi indikasi penyakit lain, seperti halnya TBC, atau tuberkulosis.

Batuk Tak Kunjung Sembuh, Indikasi TBC?

Pada anak-anak usia dibawah 5 tahun memang sanga rentan terkena batuk dan flu di saat-saat tertentu. Hal ini dikarenakan mereka masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Menurut Prof. Dr. Cissy Kartasasmita SpA(K), Spesialis Respirasi Anak mengatakan bahwa Batuk kronik yaitu batuk yang terjadi berulang selama dua kali dalam sebulan dan lebih 3 minggu, ada tiga kemungkinan yaitu alergi, asma dan TBC. Lihat tandanya seperti demam lebih dari tiga minggu, ada kelenjar berbahaya yaitu lebih dari satu sentimeter,” ujarnya.

Terlebih jika adanya perubahan pada suhu tubuh yang mencapai lebih dari 38 derajat celcius, membuat anak mengalami demam hal ini perlu diwaspadai. Selain itu, adanya kemungkinan besar anak terindikasi mengidap TBC, ditandai dengan asupan gizinya yang tercukupi namun berat badan malah semakin menurun.

Baca juga : Mengobati Flek Paru-paru Pada Anak Dan Balita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *