Bawang Merah Bisa Jadi Obat Alternatif Tuberkulosis?

19 Feb

Saat ini, bakteri semakin kebal terhadap obat sehingga penyakit yang disebabkan oleh bakteri menjadi lebih sulit untuk disembuhkan, termasuk penyakit Tuberkulosis / TBC. Karena alasan itulah, para peneliti dari seluruh penjuru dunia sedang berlomba-lomba mencari alternatif obat yang dapat dimanfaatkan untuk melawan berbagai penyakit dari bakteri tersebut.

Bawang Merah Bisa Jadi Obat Alternatif Tuberkulosis?

Salah satu dari studi terbaru yang dilakukan peneliti Inggris menemukan potensi dari bawang merah Persia yang ternyata dapat melawan bakteri tuberkulosis (TBC). Disebutkan ada 4 molekul dalam bawang merah yang dapat menahan pertumbuhan TBC kebal obat hingga 99,9%.

Menurut dr Sanjib Bhakta dari Birkbeck, University of London, menyebut jika kandungan dalam bawang merah tersebut dapat digunakan bersamaan dengan obat yang sudah ada.

Lebih lanjut menurut dr Bhakta seperti dikutip dari BBC, “Dalam misi mencari senyawa antibakteri baru, kita cenderung berfokus pada molekul yang cukup kuat hingga bisa dikembangkan jadi obat sendiri. Tapi dalam studi ini kami menunjukkan bahwa dengan menghambat kunci penting dari resistansi, kita dapat meningkatkan efektivitas obat yang sudah ada,” ujarnya.

Telah terpublish dalam jurnal Scientific Reports peneliti menyebut jika bahan-bahan (tumbuhan dan mikroba) yang ada di alam memang punya banyak potensi untuk menjadi obat. Kemungkinan ini karena mereka juga beradaptasi dengan bakteri yang ada di lingkungan sekitar.

Profesor Simon Gibbon dari University College London juga berujar jika “Alam adalah ahli farmasi yang sangat kreatif dan kemungkinan besar tumbuhan seperti bawang merah Persia menghasilkan bahan kimia ini sebagai bentuk pertahanan terhadap bakteri di lingkungannya,” terangnya seperti dilansir dari laman detik health.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *