Benarkah Propolis Dapat Membantu Berantas TBC?

27 Feb

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang manfaat propolis. Propolis, merupakan pelindung utama dari sarang dan larva lebah madu dari serangan bakteri yang terbuat dari semacam getah yang dikumpulkan lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya.

Benarkah Propolis Dapat Membantu Berantas TBC?

Benarkah Propolis Dapat Membantu Berantas TBC?

Berdasarkan manfaat dari Propolis, diketahui salah satunya sebagai obat alternatif bagi penderita TBC. Hal ini diungkap berdasarkan penelitian dari mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Herlambang Pranandaru seperti dilansir dari website UMY. Dari penelitian tersebut, dikatakan jika obat untuk penyakit Tuberkulosis yang ada sekarang sangat minim, yaitu Obat Anti Tuberkulosis (OAT) yang dikembangkan oleh pemerintah.

Dari hasil penelitian tersebut dikemukakan bahwa Propolis dapat membantu penyembuhan dari penyakit Tuberkulosis karena di dalam Propolis terdapat zat yang sangat kuat untuk menolak bakteri, sehingga dapat menyembuhkan penyakit Tuberkulosis. Seperti dijelaskan diatas jika Propolis ini juga membantu lebah untuk mempertahankan sarangnya dari gangguan bakteri.

Sedangkan dalam penelitian oleh kelompok lain dari universitas yang sama dijelaskan jika Propolis juga membantu untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia. Sebagaimana larva lebah yang terlindung dari bakteri karena dijaga oleh zat Propolis.

Propolis mengandung beragam jenis Vitamin, Asam amino, Mineral, serta Bioflavonoid yang berfungsi sebagai antibiotik dan antioksidan. Kandungan flavonoid dalam Propolis juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit menular dan melindungi tubuh dari berbagai serangan virus maupun bakteri.

Baca juga : Bawang Merah Bisa Jadi Obat Alternatif Tuberkulosis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *