Berapa Lama Penyembuhan TB?

8 Sep

Ada banyak pertanyaan sepertinya yang berada di dalam benak para penderita TB, termasuk berapa lama mereka bisa sembuh dari penyakit tersebut.

kuman TB

Seperti yang Anda ketahui bahwa TB adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus TB yang dapat menyerang organ-organ seperti paru-paru, tulang, usus, dan  lainnya. Untuk jenis organ yang berbeda, maka berbeda pula jenis penanganan dan lama therapi yang diberikan.

Proses pengobatan TB (mari kita contohkan dalam pengobatan penyakit TB paru) memang memerlukan waktu yang tidak singkat. Seringkali pasien yang berobat merasa sudah menjadi lebih baik dan gejala awal yang dirasakan seperti batuk, demam, berat badan turun, sudah menghilang. Hal ini membuat pasien mengira dirinya sudah sembuh dan lantas berhenti berobat. Padahal sesungguhnya, untuk kasus baru (pertama kalinya terserang TB paru) minimal harus berobat secara teratur selama 6 bulan lamanya.

Setelah selesai berobat selama kurun waktu tersebut, maka dokter biasanya akan memeriksa kembali dahak (sputum) selama 3 kali berturut-turut untuk melihat apakah masih terdapat kuman TB. Pmeriksaan tambahan foto Rontgen dada uga dilakukan untuk dijadikan perbandingan dari masa awal pengobatan TB. Kedua hal ini akan menjadi pertimbangan utama bagi dokter.

Jika dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan kembali kuman TB, dan hasil rontgen menyatakan kuman TB telah negatif, maka pasien dapat dinyatakan telah tuntas berobat, dan sembuh dari TB primer. Walau demikian, tetap perlu diwaspadai bahwa TB pada pasien tersebut dapat kambuh lagi sewaktu-waktu apabila kembali tertular.

Demikianlah, sedikit penjelasan mengenai berapa lama penyembuhan TB dari jawaban yang saya ambil dari salah satu forum kesehatan dokter. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.