Cara Mencegah Penyakit Tuberkulosis Kambuh Berulang

29 Jun

Mengenai penyakit Tuberkulosis, atau TBC, ternyata termasuk penyakit yang dapat kembali kambuh pada pendertanya meskipun sudah melakukan pengobatan dan dinyatakan sembuh oleh dokter.

Cara Mencegah Penyakit Tuberkulosis Kambuh Berulang
Penyakit Tuberkulosis memang merupakan penyakit yang diakibatkan sebuah infeksi dari bakteri Mycobacterium Tubercolosis. Bakteri tersebut berdiam dalam tubuh penderita yang termasuk pada golongan Tuberkulosis aktif. Penyebaran dari penyakit Tuberkulosis sendiri dikatakan melalui udara bebas. Contoh pada ketika penderita TBC yang kemudian batuk atau bersin, maka orang-orang disekitarnya akan tertular dengan cepat, namun biasanya berbeda jika orang-orang disekitarnya memiliki sistem imun / kekebalan tubuh yang lebih kuat, jarang dari mereka yang ikut tertular.

Karena penyakit TBC telah dinyatakan sebagai salah satu penyakit yang sangat mudah menular, bahkan organisasi kesehatan dunia atau WHO juga telah mengumumkan tentang seberapa banyaknya jumlah penduduk di dunia yang masih terkena TB aktif dan memiliki potensi menularkan penyakit ke orang lain.

Baca juga : Tanya Jawab Dengan Dokter Seputar Penyakit TBC

Dan berikut ini adalah berbagai Cara Mencegah Penyakit Tuberkulosis Kambuh Berulang pada Anda atau keluarga dari jangkauan / penularan penyakit TBC.

  • Jika Anda tinggal di lingkungan yang sama dengan penderita TB aktif maka jangan pernah tinggal dalam satu ruangan yang pengap dengan sirkulasi udara yang sangat kurang.
  • Selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri dengan memakai masker dan selalu mencuci tangan atau kaki secara teratur.
  • Jangan pernah tinggal di rumah yang sama dengan penderita TB aktif dan belum menerima perawatan yang memadai.
  • Tindakan pencegahan TB aktif bisa dilakukan sejak kecil atau sejak masih anak-anak dengan melakukan pemberian vaksin BCG. Vaksin ini memang tidak bisa digunakan oleh orang dewasa namun sangat efektif untuk mencegah infeksi
  • TBC pada anak-anak.
  • Jika Anda berada dalam posisi sebagai orang yang sehat dan beresiko terkena TBC dari penderita TB aktif disekitar Anda, maka Anda bisa mendorong penderita untuk melakukan perawatan aktif untuk menghindari resiko penularan kepada lingkungan di sekitarnya.

Cara Mencegah Penyakit Tuberkulosis Kambuh Berulang |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.