Cara Mengurangi Efek Samping Obat TBC

19 Jul

Indonesia termasuk negara yang memiliki penderita penyakit Tuberkulosis (TBC) cukup banyak. Tuberkulosis atau TBC ini, tidak hanya menyerang para organ paru-paru saja, namun juga bisa menyerang organ lain diantaranya tulang belakang, kelenjar limfe, hingga selaput otak.

Cara Mengurangi Efek Samping Obat TBC

Pada umumnya, penderita TBC diberikan pengobatan dengan obat-obatan yang harus dikonsumsi selama kurang lebih 6 bulan lamanya. Kita ambil contoh dalam pengobatan TBC Paru, dimana pemberian obat yang diberikan diantaranya terdiri dari rangkaian antibiotik, yaitu isoniazid, rifampisin, pirazinamid, dan etambutol.

Selama mengkonsumsi obat-obatan tersebut, biasanya pasien juga mengeluhkan beberapa efek samping yang terjadi. Diantara efek samping tersebut, dimulai dari rasa mual, muntah, warna kencing yang berubah, dan ruam pada kulit. Efek samping tersebut muncul akibat metabolisme obat yang terjadi di hati.

Adapun cara mengurangi efek samping obat TBC seperti yang dijawab oleh dr. Tessi Ananditya pada laman alodokter, diantaranya dengan Pemberian Vitamin dan suplemen protektor hati.

Informasi selengkapnya, silahkan konsultasikan dengan dokter Anda.

Salam, Obat TBC Tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *