Gibbus, Kifosis Dan TBC Tulang

27 Agu

Selamat datang kembali pada situs obat tbc tulang, nah masih seputar gangguan yang terjadi pada tulang belakang karena infeksi.

kelainan pada tulang belakang
Gibbus / Gibus menurut salah satu situs dokter pada situs kesehatan, penyakit ini ditandai dengan suatu infeksi tbc yang terjadi pada tulang belakang, setelah mengalami patah dan peradangan kadang di jumpai adanya abcess. Tulang belakang yang telah keropos di makan basil tersebut sudah tidak sanggup lagi menahan gaya grafitasi terhadap berat tubuh sehingga pasiennya hanya bisa berbaring. Keadaan ini kemudian disebut dengan spondilitis TB. Pada pasien tersebut selain adanya gibbus juga dapat terlihat adanya suatu fistel yang selalu basah pada punggung bagian bawah.

Gibbus merupakan gangguan tulang belakang progresif yang dapat mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa. Gangguan ini dapat menyebabkan Deformitas (digambarkan sebagai bungkuk atau bungkuk). Kifosis bisa dalam bentuk hyperkyphosis atau kelainan sudut tajam gibbus. Kurva kyphotic abnormal lebih umum ditemukan di tulang belakang dada atau torakolumbalis, meskipun dapat terjadi pada cervical. Ada yang menyebutkan bahwa Gibbus Dan Kifosis adalah sama, dengan ciri gejala seperti adanya gangguan pada tulang belakang secara progresif di mana punggung atas menunjukkan sebuah kelengkungan ke depan abnormal, mengakibatkan kelainan tulang yang kadang-kadang digambarkan sebagai bungkuk.

Kifosis yang terjadi pada remaja, penyebab utamanya adalah penyakit Scheuermann. Scheuermann adalah kondisi di mana tulang belakang bagian atas terangkat, menjadi seperti punuk. Sedangkan untuk orangtua, penyebab utama dari kifosis adalah degenerasi diskus vertebralis. Kifosis terlokalisasi mungkin disebabkan oleh runtuhnya satu atau lebih tulang belakang toraks yang mungkin berhubungan dengan penyakit Osteoporosis.

Keseluruhan gangguan tulang diatas, dari mulai Gibbus, Kifosis, dan TBC tulang dapat terjadi karena beberapa infeksi pada awalnya.

Permasalahan yang terjadi pada tulang belakang yang patah jangan hanya fokus pada tulang saja, namun perhatikan juga beberapa serabut syaraf besar dan kecil yang keluar dari sela-sela antar tulang vertebra tersebut , belum lagi saluran syaraf spinal  di dalam rongga tulang belakang yang akan terjepit akibat patahan atau tekanan antar tulang belakang tersebut.Dan ini mesti dikoreksi dan diperbaiki jika tidak ingin kedua tungkai bawah mengalami kelumpuhan.

Kelainan tulang belakang yang terjadi, hendaknya segera dilakukan pengobatan yang sesuai dengan yang telah ada sebelumnya. Namun perhatikan juga sebaiknya pengobatan tersebut, apakah cocok untuk Anda dan aman serta tidak berbahaya bagi kelangsungan hidup selanjutnya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai hubungan antara Gibbus, Kifosis Dan TBC Tulang. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda, dan nantikan artikel-artikel selanjutnya. Salam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.