Hati-hati, Jangan Abaikan Ciri Batuk Tuberkulosis

7 Feb

Anda sering mengalami batuk? Walaupun terlihat sepele, namun keluhan Batuk yang terjadi terlalu sering, bisa jadi tanda penyakit Tuberkulosis. Walaupun tidak semua batuk adalah tanda dari Tuberkulosis, bukan berarti Anda tidak mewaspadainya.

Hati-hati, Jangan Abaikan Ciri Batuk Tuberkulosis

Hati-hati, Jangan Abaikan Ciri Batuk Tuberkulosis

Faktanya, penyakit Tuberkulosis adalah salah satu penyakit paling mematikan di seluruh dunia. Di tahun 2015 saja, kurang lebih 10,4 juta orang di dunia menderita penyakit Tuberkulosis. Parahnya, sebanyak 1,8 juta jiwa meninggal akibat Tuberkulosis yang tidak tertolong.

Hal ini dikarenakan Tuberkulosis tidak hanya menyerang satu organ saja. Memang dari awalnya, Mycobacterium tuberculosis bakteri penyebab Tuberkulosis ini menyerang paru-paru. Namun semakin lama, semakin menyebar ke beberapa organ terdekat. Gejala yang biasanya menjadi ciri dari Tuberkulosis paru, diantaranya :

  1. Batuk yang berlangsung lebih dari 2 minggu.
  2. Batuk dengan dahak mengandung darah.
  3. Batuk yang disertai demam tidak terlalu tinggi di malam hari, berat badan turun dan tidak nafsu makan, keringat malam, lemah dan mudah lelah, serta nyeri dada dan sesak napas.

Saat Anda mengalami batuk seperti ciri diatas, jangan ragu lagi untuk segera memeriksakan kondisi ke dokter. Beberapa pemeriksaan yang mungkin akan dilakukan tidak lain adalah foto rontgen paru, tes dahak, dan tes mantoux yaitu tes untuk menguji eaksi pada kulit dengan menyuntikkan sedikit komponen kuman Tuberkulosis.

Posted by Obat TBC Tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *