Jadwal Menstruasi Tidak Teratur Dapat Berujung Pada TBC?

14 Mar

TBC atau Tuberkulosis merupakan penyakit yang diawali dengan gangguan paru kronik akibat bakteri Mycobacterium tuberculosis. TBC termasuk penyakit yang sangat menular. Lalu, apa keterkaitan TBC di paru dengan gangguan menstruasi tidak teratur?

Jadwal Menstruasi Tidak Teratur Dapat Berujung Pada TBC?

Jadwal Menstruasi Tidak Teratur Dapat Berujung Pada TBC?

Terkait informasi yang beredar di masyarakat, bahwa gangguan menstruasi tidak teratur bisa memicu Tuberkulosis. Memang banyak dampak yang bisa muncul dari menstruasi tidak teratur, namun Tuberkulosis bukanlah salah satunya. Justru, yang mungkin dapat ditimbulkan dari gangguan menstruasi tidak teratur tidak lain adalah masalah kesuburan atau gangguan pada organ reproduksi lainnya.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko akibat Tuberkulosis adalah penderita HIV, orang yang mengidap gizi buruk, kebiasaan merokok, serta kebiasaan mengonsumsi alkohol. Pekerja medis yang sering berinteraksi dengan penderita Tuberkulosis aktif juga rentan tertular.

Tuberkulosis juga menular melalui udara. Bagi Anda yang sering berinteraksi dengan penderita Tuberkulosis, pastikan untuk menggunakan masker saat berada satu tempat dengan penderita. Dan berikan ventilasi yang cukup untuk mengurangi risiko tertularnya tuberkulosis pada orang sekitar.

Untuk menstruasi yang tidak teratur, penyebabnya dapat terjadi karena stres, terlalu lelah, dan orang yang mempunyai kelainan pada organ reproduksi. Jadi, menstruasi tidak teratur sama sekali tidak ada kaitannya dengan Tuberkulosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.