Kebiasaan Yang Memudahkan Anda Rentan Terkena Tuberkulosis

28 Sep

Penyakit Tuberkulosis masih menjadi suatu penyakit yang cukup mengkhawatirkan perkembangannya di Indonesia. Oleh masyarakat kita, Tuberkulosis atau TBC dianggap sebagai penyakit berbahaya dan sulit untuk disembuhkan.

Kebiasaan Yang Memudahkan Anda Rentan Terkena Tuberkulosis

Secara globaliksasi, penyakit Tuberkulosis memang masih menyebabkan kematian di berbagai negara, bahkan menurut organisasi WHO, terdapat sekitar 8.8 juta insiden kasus Tuberkulosis di seluruh dunia pada tahun 2010 lalu. Dari keseluruhan insiden tersebut, sebanyak 1.1 juga orang berakhir dengan kematian.

Angka yang cukup untuk membuat siapapun tercengang, namun apakah Anda mengetahui bagaimana penyakit Tuberkulosis bisa terjadi pada seseorang?

Hal ini ternyata berpengaruh pada kebiasaan-kebiasaan yang berkaitan dengan gaya hidup yang sayangnya tidak kita sadari, namun kebiasaan-kebiasaan ini membuat kita beresiko menderita penyakit Tuberkulosis.

Berikut adalah sejumlah Kebiasaan Yang Memudahkan Anda Rentan Terkena Tuberkulosis, seperti yang dikutip dari laman klikdokter.

  • Tidak mengonsumsi makanan bergizi.

Akibat kekurangan gizi menjadi faktor risiko terkena Tuberkulosis. Makanan sangat vital bagi manusia, dan sesungguhnya menjadi sumber daya tahan. Contohnya, protein yang Anda konsumsi menjadi bahan baku pembentukan antibodi.

  • Merokok.

Perokok berisiko lebih tinggi menderita Tuberkulosis sebanyak 2 hingga 3 kali lipat. Merokok selama proses pengobatan Tuberkulosis juga dapat memperparah penyakit.

  • Mengonsumsi alkohol.

Mengonsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena Tuberkulosis sebanyak 3 x lipat.

  • Tidak mempraktikkan konsep rumah sehat.

Kuman Tuberkulosis rentan terhadap sinar ultraviolet. Karena itu, pastikan ventilasi rumah Anda baik agar pertukaran udara sempurna. Jadi, jika ada kuman dari pernapasan, kuman itu tidak tertahan di dalam rumah.

  • Tidak menjalankan pengobatan penyakit yang menurunkan imun tubuh dengan baik.

Penurunan imun tubuh mempermudah infeksi Tuberkulosis. Contoh penyakit yang menurunkan imun adalah Diabetes dan HIV/AIDS. Penderita Diabetes memiliki risiko terkena Tuberkulosis sebanyak 3 x lipat. Sedangkan, penderita HIV/AIDS 26-31 kali lipat lebih mungkin terkena tuberkulosis dibandingkan bukan penderita.

Posted by Obat Tbc Tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *