Langkah Untuk Penderita TBC Dalam Mencegah Penularannya

7 Mar

Penyakit Tuberkulosis termasuk penyakit menular yang penyebabnya disebabkanoleh kuman bernama Mycobacterium Tuberculosis.

Sebagian besar kuman tersebut memang menyerang paru, tetapi dapat juga menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya yang dikenal dengan TBC tulang, TBC otak, TBC usus, dan anggota tubuh lainnya.

Adapun cara pencegahan yang bisa dilakukan oleh penderita TBC agar tidak menularkannya kepada keluarga atau orang-orang terdekat bisa dimulai dengan beberapa langkah berikut ini :

Langkah Untuk Penderita TBC Dalam Mencegah Penularannya

1. Tutupi saat batuk dan bersin.

Sebaiknya penderita TBC, jika Anda ingin batuk atau bersin lebih baik untuk menutup mulut dengan sapu tangan, tisu, atau kalau tidak ada maka benamkan muka ke arah lengah kita sendiri. Ingat, jangan ditutup menggunakan tangan, karena bagi penderita TBC paru, dia wajib mengenakan masker saat berada di tempat umum untuk menghindari tersebarnya kuman pada orang yang sehat.

2. Tidak meludah sembarangan.

Sama seperti ketika batuk atau bersin di tempat umum, etika dalam meludah pada penderita TBC juga sebaiknya jangan asal meludah. Terlebih jika Anda tahu bahwa di dalamnya terdapat kuman yang menular dari penyakit yang Anda derita. Meludahlah di kamar mandi, siram sesudahnya atau buanglah air liur Anda di selokan atau kali yang airnya mengalir.

3. Menghindari penggunaan barang pribadi secara bersama-sama.

Terutama jika memungkinkan kontak langsung dengan cairan dari sumber penderita. Misalnya, menggunakan sendok yang sama saat makan, minum dari gelas yang sama, atau bahkan makan makanan yang sama sehabis digigit. Namun, barang-barang tersebut bisa tetap digunakan oleh orang lain setelah dibersihkan kembali.

4. Menghindari kontak langsung dengan anak-anak.

Sebisa mungkin, hindari berdekatan atau kontak langsung dengan bayi, balita, atau anak-anak, karena mereka masih memiliki sistem imun tubuh yang belum kuat seperti orang dewasa.

5. Memisahkan peralatan makan Anda.

Begitu juga saat mencucinya, agar tidak terpakai orang yang sehat.

6. Menjemur perlengkapan tidur Anda.

Bantal, kasur, selimut, dan perlengkapan tidur lainnya harus dijemur setiap hari, biarkan sinar matahari langsung masuk ke dalam kamar Anda.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan penderita TBC agar tidak menularkannya pada orang-orang disekitar. Semoga bermanfaat, salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *