Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Tuberkulosis

19 Jan

Sama seperti jenis penyakit lainnya, para penderita penyakit Tuberkulosis diharapkan menghindari untuk mengkonsumsi beberapa makanan untuk mempercepat proses penyembuhan penderita penyakit TB atau Tuberkulosis berikut ini.

Dan langsung saja, dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selagi dalam masa pengobatan dan pemulihan, diantaranya :

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Tuberkulosis

  • Saus.

    Beberapa orang terbiasa dengan memakan saus, namun tetap saja untuk penderita Tuberkulosis, saus dilarang dikonsumsi. Saus yang kaya akan natrium dan gula. Namun, Anda tetap bisa mengkonsumsi saus, hanya jenis saus seperti saus apel dan saus cranberry .

  • Gula harus dan gula olahan.

    Penderita Tuberkulosis harus menghindari makanan dengan penggunaan gula halus atau dari gula olahan didalamnya, seperti contoh: Roti putih, Gula putih, Sereal, Makanan manis seperti kue serta puding.

  • Teh dan kopi.

    Teh dan kopi keduanya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita Tuberkulosis. Teh dan kopi mengandung kafein, sedangkan kafein adalah stimulan Tuberkulosis. Namun menurut University of Maryland Center, teh hijau bebas dari kafein dan dapat dijadikan sebagai minuman pengobatan untuk membantu mengatasi penyakit Tuberkulosis karena mengandung antioksidan.

  • Acar.

    Acar harus dihindari oleh penderita Tuberkulosis. Acar mengandung banyak natrium. Karena asupan pada penderita penyakit Tuberkulosis harus dibatasi, sebaiknya 1-2 ons acar mengandung 850 miligram natrium.

  • Alkohol.

    Penderita Tuberkulosis dilarang keras mengkonsumsi minuman beralkohol, karena itu akan semakin memperparah penyakit yang sedang diderita.

Bagaimana? Semoga bermanfaat ya untuk Anda. Salam!

Baca juga : Anak Penderita TBC Sangat Sulit Dideteksi

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Tuberkulosis |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.