Mengenal Lebih Dekat Dengan Mastitis TBC

24 Des

Mungkin sleama ini Anda hanya mengetahui bahwa penyakit TBC terjadi di paru-paru saja, namun faktanya TBC juga terjadi di seluruh bagian tubuh lainnya termasuk pada payudara. TBC yang menyerang payudara, disebut dengan Mastitis TBC.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Mastitis TBC

Perlu untuk Anda ketahyu bahwa Mastitis TBC adalah suatu kondisi yang menandai adanya peradangan pada payudara dengan ditandai keterlibatan secara ekstensif lobulus payudara dengan granuloma epitheloid dan yang lainnya yang disebabkan oleh Infeksi Mycobacterium tuberculosis.

Penderita Mastitis TBC juga masih paling banyak ditemukan di Indonesia karena Indonesia masih banyak penderita infeksi TBC. Faktor resiko tinggi terhadap mastitis TBC adalah pada wanita reproduktif, ibu yang sedang masa menyusui, wanita yang banyak melahirkan, trauma, riwayat mastitis sebelumnya, penderita HIV – AIDS, dll.

Untuk memastikan kondisi ini biasanya harus dilakukan pemeriksaan yang menunjang seperti mamografi, USG, CT Scan, MRI, Sitologi, histopatologi, tes kulit mantoux, kultur darah, dll.

Dengan mengonsumsi obat anti Tuberkulosis memang merupakan terapi untuk kondisi ini, pengkonsumsian obat memang lebih baik jika diagnosis pasti telah membuktikan kalau mastitis memang merupakan mastitis TBC.

Baca juga : Balita Mudah Tertular Penyakit TBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *