Menstruasi Tidak Teratur Adalah Tanda-tanda Tuberkulosis

23 Jun

Siklus menstruasi yang tidak teratur memang adalah hal wajar jika tidak dibarengi dengan tanda-tanda tidak sehat pada tubuh. Anda sering mengalami siklus menstruasi tidak teratur? Jika iya, waspadai karena seperti laman zeenews mengatakan bahwa sekitar dari 60 sampai 70% perempuan menjadi korban Tuberkulosis genital yang sebagian besar menyebabkan infertilitas.

Menstruasi Tidak Teratur Adalah Tanda-tanda Tuberkulosis

Terutama pada penyakit Tuberkulosis genital, kondisi ketika kuman TB yang ada di paru-paru telah menyebar ke bagian organ genital. Hal ini terjadi dikarenakan para wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, kurangnya pendarahan juga infeksi pada serviks.

Diantara orang-orang yang menderita TB genital, 55% mempengaruhi Tuba Fallopi (Tabung Fallopi), 40% menginfeksi endometrium atau lapisan rahim, 10% mempengaruhi indung telur, dan 5% mempengaruhi leher rahim. Hanya mereka yang didiagnosis dengan cepat dan diberikan pengobatan yang tepat waktu, rahim berhasil sembuh dengan baik.

Hampir 90% wanita dengan TB genital didiagnosis pada usia rata-rata 15-40 tahun. Infertilitas pada kondisi tuberkulosis genital terjadi pada 60-80% kasus.

“Di antara mereka yang menderita TB genital, 60% menderita ketidakteraturan menstruasi, 25% mengalami sedikit pendarahan, 10% memiliki menstruasi minim dan 20 persen tidak menstruasi sama sekali.

Seorang ginekolog senior rumah sakit Zen, Gauri Gore, mengatakan, jika wanita dengan masalah ini sebenarnya masih bisa disembuhkan. Akan tetapi, berbeda jika tuba falopi sudah rusak, maka para medis akan kesulitan hamil, kecuali memilih untuk IVF (bayi tabung). Jika lapisan rahim rusak secara permanen, maka mereka dapat memilih untuk operasi.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *