Mitos-mitos Seputar Penyakit Tuberkulosis (TBC)

28 Feb

TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang paru-paru dan menyebabkan infeksi primer. Infeksi tersebut adalah dam[ak dari gejala penyakit Tuberkulosis dan bisa sembuh dengan sendirinya, atau dengan pengobatan rutin.

Bakteri Tuberkulosis

Mitos-mitos Seputar Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Namun seperti halnya berita di zaman sekarang ini yang banyak berbumbu hoax / berita palsu, dalam dunia kesehatan pun masih terdapat beberapa mitos-mitos yang sayangnya dipercayai oleh sebagian masyarakat kita bahkan sebelum melakukan pemeriksaan yang benar ke ahli kesehatan.

Sama halnya dalam penyakit Tuberkulosis atau TBC, berikut adalah mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tanpa pemeriksaan langsung pada ahli kesehatan.

  • Penyakit Tuberkulosis adalah penyakit seumur hidup.
  • Apabila kita menyentuh penderita Tuberkulosis, maka kita akan ikut tertular penyakit tersebut.
  • Penderita Tuberkulosis akan mudah terinfeksi oleh penyakit lain (akibat daya tahan tubuh lemah).
  • Gejala penyakit Tuberkulosis hanya dialami oleh masyarakat miskin dan kurang gizi.
  • Tuberkulosis merupakan penyakit yang tidak dapat diobati.

Jika Anda mendengar informasi bahwa penyakit Tuberkulosis seperti poin-poin diatas, maka itu perlu diragukan. Karena, saat ini sudah ada cara menyembuhkan penyakit Tuberkulosis yaitu dengan pengobatan oleh OAT atau Obat Anti Tuberkulosis, dengan mengkonsumsinya secara teratur. Selain itu, penyakti Tuberkulosis juga meupakan penyakit yang cara penularannya terjadi karena adanya kontak dekat seperti melalui batuk.

Pasien penderita Tuberkulosis juga bisa mendapatkan pengobatan selama kurang lebih 14 hari untuk kemudian dilanjutkan pengobatan rutin. Dengan pengobatan tersebut, memiliki peluang yang besar untuk segera sembuh dari infeksi TBC.

Mitos-mitos Seputar Penyakit Tuberkulosis (TBC) |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *