Orang-orang Yang Berisiko Terkena Penyakit TB

4 Nov

Pakar kesehatan di dunia sepakat bahwa penyakit yang juga berbahaya di dunia dan mengancam banyak jiwa, adalah penyakit TB atau TBC/Tuberkulosis. Bahkan dalam data yang tercatat di Indonesia, penyakit TB menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan.  Banyak dari anak-anak kecil yang menjadi penderitanya, dan berisiko kehilangan nyawa jika tidak dilakukan perawatan terhadap penyakitnya. TB ini adalah penyakit yang tidak mengenai usia dan jenis kelamin, siapa saja berisiko terkena penyakit berbahaya yang satu ini.

Baca juga : Cara Menangani Penyakit TBC Pada Anak

Orang-orang Yang Berisiko Terkena Penyakit TB

Orang-orang Yang Berisiko Terkena Penyakit TB yang paling utama adalah orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah / lemah. Selain itu, mereka yang memiliki kebiasaan buruk seperti perokok aktif, serta perokok pasif memiliki risiko tinggi terhadap penyakit TB dan bahkan kanker.

Bahkan tercatat data jika para perokok lebih berisiko hingga 2,2x lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok. Karena kandungan beracun yang berasal dari asap rokok, seseorang yang tinggal di arena cenderung lembab, jarang terkena sinar matahari memiliki risiko yang juga tinggi terhadap penyakit ini.

Tidak jarang faktor risiko penyebab TB juga terjadi karena dipengaruhi oleh kondisi rumah seseorang. Contohnya jika rumah tersebut jarang sekali dibersihkan dari debu dan kotoran, maka bisa saja rentan terhadap penyakit TB. Dengan kondisi rumah yang terlalu kecil, dimana setiap penghuni rumah bisa merasa pengap, kurang nyaman, hingga sulit bergerak ternyata juga bisa membuat resiko terkena TB meningkat. Untuk menghindari TB, sebaiknya penghuni rumah tentu harus rajin membuka ventilasi agar udara bisa bersirkulasi dengan lebih baik dan sinar matahari pun akan bisa memasuki ruangan dan melenyapkan berbagai kuman dan bakteri, khususnya yang bisa menyebabkan munculnya TB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *