Penting! Tanda TBC Tulang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

19 Apr

Anda mungkin lebih familiar dengan TBC Paru, namun TBC Tulang juga tidak boleh Anda lewatkan informasinya.

Sebagian besar kasus TBC Tulang terjadi akibat kuman TBC Paru yang telah menyebar hingga ke tulang belakang. Jika TBC yang telah mencapai bagian tulang belakang ini tidak segera mendapat penanganan maka bisa berakibat fatal.

Pada bagian tulang belakang yang terserang oleh kuman atau virus TBC biasanya menyebar pada ke dua bagian tulang yang terdapat bantalan pada verterbra, yang disebut dengan Intervertebralis.

Mau tidak mau, bagian tulang yang terserang vertebralis akan kesulitan untuk mendapat pasokan nutrisi karena terhalangi oleh bantalan yang berada pada kedua bantalan tersebut. Karena hal inilah tulang belakang menjadi kehilangan kelenturan dan menyebabkan kerusakan pada tulang belakang. Jika kondisi ini dibiarkan atau terabaikan secara terus-menerus dapat menyebabkan kesulitan bergerak pada penderitanya, seperti hanya penderita Stroke.

Penting! Tanda TBC Tulang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Saat tulang vertebra yang saling berdekatan menjadi ada bantalan antara keduanya, dan jika virus tbc menyerang. Banyak pertanda yang dapat diketahui dengan mudah apakah seseorang menderita TBC atau tidak. Adapun tanda-tanda dari TBC tulang belakang yang tidak boleh Anda lewatkan diantaranya :

  • Sakit punggung.

Sakit di punggung yang dirasakan adalah sakit punggung pada bagian tertentu. Sakit punggung ini terjadi pada iga atas dan iga bawah. Sakit punggung yang dirasakan bila semakin lama tidak segera diobati akan menyebabkan kesulitan bergerak bagi penderitanya. Hal ini karena setelah sekian lama, TBC menyerang ke bagian tulang belakang menyebabkan tulang belakang tidak menerima nutrisi dan akan kekurangan kelenturannya.

  • Tubuh membungkuk.

Saat tulang belakang tidak bekerja normal, pantaslah tubuh menjadi bungkuk dikarenakan kondisi tulang belakang tidak dapat menahan bobot badan lagi. Hal ini tentu tidak diinginkan bagi setiap orang karena dapat menyebabkan ketidak percayaan diri. Terlebih jika kondisi ini terjadi pada usia muda. Untuk itu jagalah tubuh dan kebersihan terutama pada makanan. Jangan banyak mengkonsumsi bahaya junk food dan makanan berbahaya lainnya yang akan memperburuk keadaan tubuh.

  • Bengkak pada beberapa bagian tubuh.

Pada bagian tubuh tertentu, terlebih di bagian yang terserang virus TBC juga ditandai dengan terjadi pembengkakan di bagian tubuh sehingga bagian tubuh menjadi sulit untuk digerakkan. Meskipun pada awalnya biasa saja, namun bengkak ini dapat menjadi penyebab utama tubuh sulit bergerak.

  • Merasakan tubuh yang dingin.

Demam biasanya menjadi penyebab tubuh menjadi dingin. Tanda-tanda TBC tulang juga biasanya ditandai dengan demam. Sehingga saat yang bersamaan tubuh merasakan dingin. Seperti halnya yang biasa dikenal sebagai panas dingin. Tubuh merasa dingin padahal suhu badannya sangat panas.

  • Pegal-pegal.

Tubuh yang terasa lelah akan sering dirasakan pada mereka yang menderita penyakit. Mudah lelah akan menyerang pada bagian tubuh apalagi pada bagian organ yang terserang TBC, tubuh akan terasa lebih pegal. Rasa pegal-pegal ini tidak hanya dirasakan sekali saja, namun dapat terjadi secara berualang kali terutama ketika sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan tenaga pada punggung.

  • Demam dan tubuh berkeringat.

Seperti biasa demam tentu dirasakan oleh mereka yang menderita penyakit.demam memang menjadi pertanda umum. Demam merupakan efek dari adanya kekebalan tubuh yang membuat sistem syaraf merespon pada bagian tubuh sehingga membuat tubuh mengeluarkan panas. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh tidak dapat mengalahkan virus sehingga menyebabkan demam.

  • Terdapat kelainan pada syaraf.

Kondisi seperti ini tidak hanya menyerang pada bagian tulang belakang saja, namun juga menyerang pada bagian syaraf lainya sehingga bagian syaraf-syaraf tertentu akan terkena dampaknya.

  • Muncul benjolan di selangkangan.

Benjoan di selangkanan ini juga bisa muncul seiring berkembangnya virus tubercolosis tersebut. Benjolan pada selangkangan memang mudah untuk diketahui. Penyakit atau tanda-tanda ini biasa dikenal sebagai hernia. Jadi jika terserang hernia bisa menjadi kemungkinan itu adalah tanda-tanda dari TBC tulang.

Gejala lainnya seperti sesak nafas, batuk, dan kejang otot di malam hari juga menjadi tanda TBC Tulang. Namun jika Anda dirasa memiliki beberapa gejala serupa, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan yang tepat pada dokter ahli agar diagnosis tepat.

Semoga bermanfaat, salam Obat TBC Tulang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *