Perbedaan TBC Dengan Meningitis

6 Sep

Walaupun penyakit TBC atau Tuberkulosis dengan Meningitis sama-sama ditularkan melalui udara, namun yang jelas keduanya memiliki perbedaan. Apa dan bagaimana perbedaan ini bisa kita lihat?

Faktanya, penyakit Meningitis atau radang selaput otak dan Tuberkulosis sama sama ditularkan melalui udara dan berbicara. Lalu bagaimana kondisi ini bisa kita bedakan?

Perbedaan TBC Dengan Meningitis

Perbedaan TBC Dengan Meningitis

Menurut ahli vaksin dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM, Dr.dr. Iris Rengganis, Sp.PD., KAI, FINASIM, yang diungkap seperti dilansir dari laman liputan6 menjelaskan bahwa baik gejala Meningitis dan Tuberkulosis, keduanya hampir sama yakni berkaitan dengan terjadinya demam tinggi dan batuk yang terjadi pada penderita.

Namun, kita bisa menentukan yang mana penyakit Tuberkulosis dan yang bukan, hanya dengan melihat bagaimana sifat bawaan si penderita tuberkulosis yang membedakan kedua penyakit tersebut adalah sifat bawaan pada penderita meningitis.

Pada penderita Meningitis, terdapat sifat bawaan yang membawa penyakit. Pasien akan terlihat seperti sedang tidak sakit, namun berpotensi menularkan virus ke orang lainnya pada saat bicara. Selain itu, bakteri pada pasien penderita Meningitis cenderung bercongkol pada tenggorokan sebelum akhirnya menyebar ke udara.

Perbedaan diantara keduanya juga terletak pada sifat penyakit Meningitis yang mematikan dalam 24 jam, sedangkan Tuberkulosis resisten pun masih dapat sembuh. Penyakit Meningitis bisa menyebabkan penderitanya mengalami komplikasi seperti kerusakan otak permanen, gagal ginjal, tangan dan kaki yang harus diamputansi, kehilangan pendengaran dan kematian. Sementara, untuk penyakit Tuberkulosis, penyakit ini akan menyebabkan tubuh tidak resisten terhadap obat, dan memiliki komplikasi penyakit lainnya akibat terlalu banyak minum obat.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *