Pria Lebih Rentan Terkena Penyakit Tuberkulosis

16 Agu

Pria Lebih Rentan Terkena Penyakit Tuberkulosis,- Tuberkulosis atau TBC/TB, merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya. Berdasarkan data kesehatan dunia, penyakit Tuberkulosis bahkan disebut-sebut sebagai salah satu penyakit yang cukup sering menyebabkan kematian pada penderitanya.

Pria Lebih Rentan Terkena Penyakit Tuberkulosis

Pria Lebih Rentan Terkena Penyakit Tuberkulosis

Lebih lanjut lagi terkait dengan penyakit Tuberkulosis, Tuberkulosis paru-paru yang dipicu oleh basil Mycobacterium tuberculosis adalah jenis penyakit TB yang lebih rentan menyerang kaum pria dibandingkan kaum wanita. Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Kepala Sub Direktorat Tuberkulosis, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan, Asik Surya yaitu “Berdasarkan survei yang dilakukan TB lebih rentan menyerang pria dibandingkan dengan wanita. Sebanyak 60 persen penyakit ini diderita oleh pria, sedangkan sisanya dialami oleh wanita” ujarnya kala itu.

Penyebab kaum pria lebih rentan terhadap Tuberkulosis adalah tingginya mobilitas kesehariannya. Dijelaskan dalam berbagai jurnal kesehatan, jika kaum pria lebih rentan terkena karena mobilitas mereka lebih tinggi.

Namun sejumlah faktor yang memengaruhi dikarenakan (kemungkinan) adanya kelainan hormon sebagai penyebab Tuberkulosis. Sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian untuk mengetahui faktor dari dalam misalnya hormon. Selain itu, belum banyak kaum pria pergi ke pelayanan kesehatan lebih baik.

Beberapa risiko yang membuat seseorang dapat terkena Tuberkulosis adalah terinfeksi virus HIV. Kondisi ini erat kaitannya dengan gangguan pada sistem imun tubuh, misalnya melemah, sehingga menyebabkan lebih cepat terpapar oleh virus tersebut.

Demikianlah informasi kami mengenai Pria Lebih Rentan Terkena Penyakit Tuberkulosis dalam website obattbctulang.org. Semoga bermanfaat, salam 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.