Siapa Saja Yang Rentan Tertular Penyakit TBC?

24 Agu

Di Indonesia, penyakit TBC termasuk kategori penyakit yang berbahaya, dan banyak dari kasusnya yang menyebabkan pasien meninggal dunia.

Siapa Saja Yang Rentan Tertular Penyakit TBC?

Siapa Saja Yang Rentan Tertular Penyakit TBC?

Sebenarnya, orang-orang dalam usia dan kondisi seperti apa saat mereka lebih rentan terhadap TBC? Seperti dilansir dari laman healthliputan6, anak-anak dibawah usia 5 tahun ternyata saat sedang sakit, kondisi tubuhnya lebih mudah tertular penyakit paru-paru indikasi Tuberkulosis.

Dikutip dari penjelasan oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr. Muhammad Arifin Nawas, Sp.P(K) pada 2014 silam, bahwa orang-orang dengan gejala yang mendukung ke arah Tuberkulosis, pasien yang menderita batuk, akan gampang tertular TBC. Mereka yang telah berkontak langsung dengan penderita atau yang diduga menderita imunokompromais, khususnya infeksi HIV juga berisiko tertular. Lalu, mereka yang berkontak langsung dengan pasien MDTB resisten obat (R/XDR TB) dan kontak erat lainnya merupakan kelompok prioritas yang lebih rendah yang berisiko tertular TBC.

Penyakit TBC pada dasarnya adalah penyakit yang mudah menular melalui udara, dan biasanya mengenai paru, juga organ-organ lainnya di dalam tubuh seperti tulang, ginjal, otak, dan lain-lain. Kuman TBC keluar melalui percikan dahak penderitanya, lalu terhirup oleh orang-orang disekitarnya.

Salah besar jika menganggap penyakit TBC dapat tertular melalui transfusi darah, air susu ibu, hingga alat makan dan minum yang telah dicuci.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *