Tanya Jawab Dengan Dokter Seputar Penyakit TBC

22 Jun

Pengetahuan tentang penyakit TBC bagi sebagian orang masih terbatas, sehingga kerapkali penderitanya, dan bahkan orang disekitarnya tidak tau harus bagaimana untuk menyikapi hal tersebut.

Untuk itu, disini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Tanya Jawab dengan dokter, yang berasal dari situs online Dokter Kita, berikut ini selengkapnya.

Tanya Jawab Dengan Dokter Seputar Penyakit TBC

1. Apa itu penyakit TBC?

Q: Dear Dokter, Apa itu penyakit TBC?

A: TBC atau sering dikenal dengan Tuberkulosis adalah sekelompok penyakit akibat infeksi kuman Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit TBC ini menahun dan menular. Yang paling sering adalah TBC paru, yang ditandai dengan batuk lama, kadang batuk darah.

2. Ciri-ciri dari batuk TBC

Q: Dear Dokter, Apa ciri-ciri batuk TBC?

A: Gejala dari TBC tergantung organ yang terkena TBC, paling sering paru, dan dapat diikuti pembesaran kelenjar getah bening leher. Ciri-ciri TBC paru adalah batuk-batuk lebih lama dari 2 minggu, berat badan semakin kurus, ada demam terutama malam hari, berkeringat di malam hari, bahkan bila sudah parah bisa disertai batuk darah.

3. Apakah TBC dapat kambuh walau tidak tertular? Apakah TB menurun ke anak?

Q1: Dear Dokter, Saya wanita berusia 27 tahun dan sudah punya 1 anak, pernah sakit TBC dan tahun lalu sudah dinyatakan sembuh total. Pertanyaan yang ingin saya tanyakan adalah apa penyakit TBC yang sudah dinyatakan sembuh bisa kambuh lagi tanpa tertulari?

A1: Kalau Anda dinyatakan sudah sembuh total, maka dengan kondisi fisik yang prima, tidak akan kambuh lagi.

Q2: Apakah saya boleh hamil lagi dok? Pengobatan terakhir untuk TBC saya adalah disuntik 2 bulan dan minum obat 9 bulan, dan sekarang sudah dinyatakan sembuh. Saya ada rencana ingin hamil anak kedua, tetapi saya jadi takut kalau kalau TB itu kambuh kembali.

A2: Kalau Anda dinyatakan sudah sembuh total TBC nya dan sudah tidak minum obat TB, boleh saja hamil dan tentu tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat yaitu makan makanan bergizi seimbang dan cukup, istirahat cukup dan olahraga teratur.

Q3: Apakah benar TB bisa kambuh lagi walaupun tidak tertular ya dok? katanya jika daya tahan tubuh kita sedang drop, maka bakteri nya akan hidup lagi? Soalnya pernah ada yang bilang, pengobatan TB hanya menidurkan si bakteri saja, tidak memusnahkannya, dan jika daya tahan tubuh sedang drop maka bisa bangun lagi bakteri TB nya. Apa hal itu benar dok? Saya masih bingung. Mungkin dokter bisa menjelaskannya agar saya lebih yakin.
Jika saya hamil lagi, apakah boleh dok? Apa anaknya nanti akan terturun bakteri TB nya dok?

A3: Benar, secara medis, ada teori seperti itu. Memang bisa kambuh jika kesehatan menurun atau terkena penyakit lain, terutama yang kronis atau harus meminum obat seperti steroid atau antikanker (sitostatika), sehingga walaupun dinyatakan sembuh, kita tetap harus menjaga kondisi kesehatan.
TB tidak ditularkan ke janin dalam kandungan, jadi boleh saja hamil.

4. Berapa lama kuman TB bertahan hidup di udara terbuka? Dan apa yang sebaiknya dilakukan jika berdekatan dengan pasien TB?

Q: Dear Dokter, Saya mau bertanya, pasien TBC pada saat batuk, kemungkinan besar akan memercikan air liur yang terinfeksi. Kita sebagai kerabat, tidak bisa mengucilkan dia. Berapa lama kuman TB itu bertahan hidup di udara terbuka dokter? Dan apa yang sebaiknya kita lakukan jika berdekatan dengan pasien TB?

A: Pasien TB ada 2 golongan, yang masih aktif/infektius atau yang sudah non aktif/laten atau dalam pengobatan. Tentang berapa lama kuman TB ada di udara dan masih menularkan, hal itu sangat relatif, tergantung kondisi ruangan. Tidak semua yang kontak dengan TB akan jatuh sakit, tergantung pada kondisi fisik kita. Kalau sehat, kuman TB akan dimatikan/ditolak oleh sistem kekebalan tubuh. Untuk pencegahan bisa gunakan masker atau pasien diminta menutup mulut dengan sapu tangan dan sebagainya saat mau batuk dan dia disarankan segera berobat, karena dengan minum obat anti-TB secara teratur dalam 2-4 minggu saja kuman TB walaupun masih ada biasanya akan menjadi lemah dan tak infeksius lagi, untuk penyembuhan, lama pengobatan minimal 6-9 bulan.

Itu dia beberapa pertanyaan dan jawaban lengkap dari dokter terkait pada tema tanya jawab soal penyakit TBC. Semoga dapat membantu Anda, salam!

Baca juga : Khasiat Madu Untuk Penderita Penyakit TBC

Tanya Jawab Dengan Dokter Seputar Penyakit TBC |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.