TBC Usus, Menyebarnya Kuman TBC Paru Ke Usus

15 Jul

Sekali lagi, penyakit TBC adalah salah satu penyakit yang penularannya cukup mudah. Apalagi jika penyakit TBC tersebut sudah diderita sebelumnya. Dikarenakan penyakit TBC berasal dari paru-paru, kuman yang menginfeksinya, yaitu Mycobaterium tuberkulosisi dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh disekitarnya, bahkan bisa sampai ke organ usus.

Khusus untuk penyakit TBC usus, biasanya penyakit ini diderita pasien semenjak dia masih kecil karena sistem kekebalan tubuh pada saat masa anak-anak masih redah, sehingga gejala yang mulai terlihat justru ketika mereka beranjak dewasa.

TBC Usus, Menyebarnya Kuman TBC Paru Ke Usus

Faktor yang dapat mempengaruhi penyakit TBC usus terjadi adalah kekurangan gizi, penyakit gula, pemakaian obat-obatan sembarangan, kebiasaan minum alkohol serta sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penyebab lainnya adalah tertular dari penderita lain, seperti saat penderita TBC paru mengeluarkan suatu butiran ludah yang mengandung kuman TBC, lalu butiran ini bisa terhirup oleh orang lain dan bisa masuk ke dalam paru-paru. Bakteri TBC ini bisa menyebar melalui getah bening dan darah sehingga bisa menyebabkan tuberkulosis di luar paru-paru.

Gejala yang biasanya yang dapat dikenali dari penderita penyakit TBC usus diantaranya seperti demam, nafsu makan menurut, berat badan turun drastis, mengalami sakit perut, susah untuk bab, mengalami radang usus buntu, perut kembung, mual, berkeringat di malam hari serta mengalami penyumbatan usus sehingga usus membesar pada bagian perut kanan bawah. Jika gejala sudah seperti ini maka tidak ada pilihan lain selain segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut lagi.

Nah, semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Tetap jaga pola hidup kita ya, tetap lakukan pola hidup yang sehat saja dan sesuai kebutuhan. Niscaya penyakit-penyakit apapun tidak akan menjangkiti kita!

TBC Usus, Menyebarnya Kuman TBC Paru Ke Usus |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *