Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Cara Alami

26 Jan

Pada umumnya TBC, atau Tuberkulosis bisa menular melalui lingkungan, percikan ludah penderita TBC, ataupun melalui alat-alat yang digunakan bersama penderita TBC. Namun, penularan tersebut tidak akan mudah terjadi jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Pada dasarnya, tubuh kita telah memiliki sistem imun untuk melawan mikroorganisme yang dicurigai berbahaya bagi tubuh (seperti menyebabkan penyakit) dan menurunkan daya tahan tubuh. Akan tetapi, sistem ini bisa mengalami kegagalan sehingga kuman atau bakteri dan virus tetap bisa masuk kedalam tubuh. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, ada baiknya kita memulai langkah hidup sehat dan meningkatkan sendiri daya tahan tubuh Anda dengan melakukan tips-tips dibawah ini.

Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Cara Alami

Berikut ini adalah Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Dengan Cara Alami.

1. Tidur dengan benar.

Kebiasaan seperti menonton televisi jam lewat tengah malam membuat Anda rentan dan dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, orang-orang yang tidak memberikan tubuhnya waktu istirahat yang layak akan mudah diserang virus. Jika hal tersebut terus dilakukan, maka kekebalan tubuh pun semakin lemah dan tak mampu melawan virus.

2. Berolahraga rutin.

Anda tidak perlu sampai harus menghabiskan waktu lama untuk berolahraga di pusat kebugaran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cukup dengan berlatih yoga juga dapat membuat sistem imun Anda stabil.

3. Berjemur di bawah sinar matahari.

Sumber alami Vitamin D yang bisa kita dapatkan secara gratis, tentu saja dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Namun sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan tubuh Anda terpapar matahari. Cukup lakukan selama 15 hingga 20 menit untuk mendapatkan asupan Vitamin D yang Anda butuhkan.

3. Minum air hangat yang dicampur dengan lemon, jahe, madu dan kunyit.

Banyak orang meyakini jika campuran minuman hangat tersebut sebagai ramuan mujarab penyakit Demam. Dalam sebuah jurnal berjudul Evidence-Based Complementary yang diterbitkan pada 2012 lalu, dikatakan jika jahe memiliki kandungan antioksidan sangat kuat dan dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Manfaat Jeruk lemon sendiri dapat digunakan sebagai antioksidan dan mencegah demam. Terakhir, kandungan curcumin di dalam kunyit dapat mengatur daya tahan tubuh.

4. Konsumsi bawang putih.

Biasanya para lansia yang kita ketahui sangat suka mengunyah bawang putih. Bahkan, di negara Korea Selatan pun mereka mengkonsumsi bawang putih yang telah difermentasi. Anda mungkin heran kenapa mereka melakukan hal tersebut. Namun, asal Anda tahu saja jika dengan mengonsumsi bawang putih dengan rutin dapat memberikan keuntungan yang besar untuk kesehatan. Tidak hanya meningkatkan sistem imun tubuh, menurut Pusat Kedokteran Universitas Maryland, bawang putih juga dapat mencegah penyakit jantung. Jika Anda berani mencoba sesuatu yang baru, maka Anda dapat mencoba campuran bawang putih mentah, jahe, wortel dan lemon yang dihaluskan. Khasiatnya, sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat dengan lebih cepat.

5. Sarapan Yogurt.

Pada salah satu laman yang terbit dalam journal Science and Medicine in Sport, atlet-atlet di New Zealand terutama, mereka mengonsumsi probiotik diketahui lebih jarang terkena flu ataupun infeksi pencernaan. Yogurt sendiri diketahui memiliki kandungan Vitamin D yang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sarapan dengan Yogurt vanila juga disebut-sebut dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

6. Sering-seringlah tertawa.

Cukup dengan tertawa dan perilaku positif disebut dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Tidak sulit bukan? Semoga tips diatas bermanfaat untuk para pembaca. Selamat beraktivitas dan sehat selalu.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.